Cabang Psikologi dan Prospek Kerjanya

“Cabang" psikologi n prospek kerjanya tiap cabang apaa aja sih ?? bantuuuu donggg,, mumet nih, beda" smw,,,, brrrrr,,,”

Kutipan pertanyaan di atas, saya dapatkan di group mahasiswa Psikologi angkatan 2011—adik kelas saya. Hmmm….sebagai kakak kelas, boleh kan ya, saya ikut urun rembung—membantu menjawab, sebisa saya (kalau kurang lengkap, mohon dilengkapkan ya, yang tahu :D) . Kebetulan, waktu itu, saya meng-admin FB Al Khidmah Kampus UII, yang bergabung di group tersebut. Jadi, sebenarnya saya sudah menjawabnya juga sih, di group tersebut. Tapi, tak apalah saya share juga di sini  J

***

Lulusan Psikologi, secara spersifik dibagi jadi 2 ya, kawan. Pertama Ia disebut PSIKOLOG. Adalah orang yg lulus S1 Psikologi kemudian melanjutkan S2 Magister PROFESI PSIKOLOG. Nanti, ketika ia lulus dari S2 nya itu, maka ia disebut dengan PSIKOLOG. Ia boleh mendirikan praktek jadi PSIKOLOG bila sudah izin terlebih dahulu kepada HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia—Pernah denger IDI? Ikatan Dokter Indoensia. Nah, HIMPSI itu, ibarat IDI-nya orang2 PSIKOLOGI :). Jadi, nanti tergantung dia, dianya itu PSIKOLOG apa.

Selain bisa mendirikan praktek sendiri jadi PSIKOLOG. Ia juga bisa gabung di beberapa intansi. Bila ia adalah:

(1) PSIKOLOG Klinis: maka bisa bergabung jadi PSIKOLOG Klinis di rumah sakit atau puskesmas. Kebetulan untuk Jogja sendiri, sudah di wajibkan harus ada PSIKOLOG di setiap RS atau puskesmas :). Maka biasanya, yang ia akan menangani orang2 yang stress, depresi, ingin curhat, dll :)

(2) PSIKOLOG PIO: bisa jadi HRD. Tugasnya seperti, merekrut dan menseleksi karyawan baru, mengembangakan SDM karyawan / pimpinan/ organisasi / perusahaan. Bisa jadi motivator, trainer, konsultan di pemerintahan, Rumah Sakit, Unviersitas, dan lainnya.

(3) PSIKOLOG Sosial: bisa kerja di LSM-LSM, partai politik, Anggota DPR, dan lainnya :)

(4) PSIKOLOG Pendidikan: bisa jadi GURU BESAR/dosen, konsultan Mendiknas, konsultas Diknas/DIKTI, guru BK (Bimb.Konseling. Oiya, jangan dibayangin seorang guru BK itu orangnya galak ya, kawan. Bukan, bukan demikian. Guru BK itu ia tidak sperti itu. Bila ia memang benar2 orang PSIKOLOGI, ia seharusnya bisa lebih ramah, murah senyum dan tidak selalu menghukum siswanya. Nah, inilah tugas kita sebagai orang PSIKOLOGI: merubah mindset yang berkembang di masyarakat/siswa saat ini :)

(5) PSIKOLOG Perkembangan: bisa jadi PSIKOLOG anak/remaja/lansia. Ia bisa berdiri sendiri, mendirikan biro, jadi seorang psikolog. Atau gabung di biro-biro konsultasi. Kalau di kampus PSIKOLOGI UII kita, bisa di PPT (Pusat Psikologi Terapan :) ---> Oiya, khusus untuk PSIKOLOG Klinis dan Perkembangan, ia biasanya ilmunya itu bisa masuk di cabang PSIKOLOGI apa aja. Jadi ia bisa jadi konsultas juga, atau jadi guru besar/dosen—seperti Ibu Rina Mulyati ^^, atau jadi HRD perusahaan. Tergantung orangnya nanti bagaimana ngembanginnya :)

Kemudian, terlepas dari penjelasan di atas, sebenarnya itu, seorang lulusan PSIKOLOGI itu bisa kerja di bidang-bidang apa saja, kawan. Yang penting di sana ada manusianya. Karena, kan, Psikologi itu adalah ilmu yang mempelajari perilaku dan proses mental manusia. Jadi, bisa dalam hal pengembangan SUMBER DAYA MANUSIA, atau yang lainnya..

Demikian, semoga manfaah... :)

Any questions? Please welcome :)

Salam,
Haris 

92 komentar:

  1. harus S2 dulukah? agar mudah dapat kerja?

    BalasHapus
  2. kalau misalkan lulusan s1 itu apa kabar ?

    BalasHapus
  3. Lulusan S1 itu namanya sarjana psikologi, sama kaya di kedokteran, kalau ia belum koas dan baru sekedar wisuda, maka ia belum bisa disebut dokter

    BalasHapus
  4. Lulusan Psikologi, secara spersifik dibagi jadi 2 ya, kawan. Pertama Ia disebut PSIKOLOG. Adalah orang yg lulus S1 Psikologi kemudian melanjutkan S2 Magister PROFESI PSIKOLOG.

    Trussss yang kedua disebut apa ???? kok nggak selesai tulisannya???
    jadi bingung nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener tuh gak selesai, trus yang bisa kerja seperti yg di sebutin di atas tuh yg S1 apa S2 nya

      Hapus
    2. Kalo yang s1nya ngambil psikologi, terus s2nya ngambil magister profesi psikologi itu di sebut psikolog . Nah, yang satunya itu namanya "psikologi sains" itu yg s1nyangga ngambil psikologi, tapi s2nya ambil psikologi
      Nanti mereka di sebutnya "ilmuwan psikologi"
      Gitu yg aku dapet dr dosenku
      .. kebetulan aku baru smester 1 :D

      Hapus
    3. maw nnya ni, kalau kurang / bahkan tdk ada psikologi klinis tiap puskesmas di indonesia tu apa yang harus dilakukan sarjana psikologi untuk menanggapi, tolong ksh penjelasan nya . #mksh

      Hapus
  5. yang ke dua itu ilmuan psikolog, mereka yang hanya lulusan s1 psikologi tampa melanjutkan s2 profesi atau sience..heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. s1 = sarjana psikologi (blom bsa buka praktek sendiri, masi jadi staff/asisten/pembantu dari psikologi yang wdah s2

      s2 psikologi terbagi menjadi 2, 1)psikolog = praktisi psikologi 2) ilmuan psikologi = pengembang ilmu psikologi

      Hapus
    2. Maaf . saya mau nanya
      saya lagi binggung untuk milih jurusan .
      saya pengen masuk psikolog , cma kalo masuk psikolog di univ swasta peluang kerjanya bsa gak ya ?? trus harus S2 baru lbh gampang utk krjanya ? mohon di balasss yah kak . makasi

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. untuk bisa ke jurusan psikolog apakah harus SMA.??

    BalasHapus
  8. untuk psikolog bagian bidang agama bisa jadi apa?
    sala satu contoh ya lulusan pskolog perguruan tinggi agama islam negri ?

    tolong di balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. UNISBA...
      Universitas Islam Bandung...
      Psikologi Agama

      Hapus
  9. @kisman man: kalo S1 nya bukan jurusan Psikologi, maka dia bisa ambil S2 Magister Sains Psikologi, misalnya di Atma Jaya ada jurusan: Psikologi Sosial Kesehatan dan Psikologi Temu Budaya. Sedangkan di UI misalnya ada Peminatan Psikologi Perkembangan, Psikologi Pendidikan, Psikologi Industri dan Organisasi, dan Psikologi Sosial. Tapi dia tidak lulus jd Psikolog. Silakan buka Universitas2 yg ada utk liat info soal pilihan jurusan yg tersedia.

    Sedangkan utk Psikologi Klinis dan jadi Psikolog, S1 nya harus jurusan Psikologi.

    @vonny: sejauh yg saya tau, memang umumnya berasal dari SMA, lalu lanjut ke S1 Psikologi

    smoga membantu :)

    BalasHapus
  10. @Anonim
    Yang pertama, S1 Psikologi --> S2 Profesi Psikologi= Psikolog, namun nantinya boleh menjadi Dosen atau tenaga pengajar.

    Yang Kedua, S1 Psikologi --> S2 Sains = Ilmuan (Dosen/Pengajar, Peneliti), namun tidak diperbolehkan membuka praktek psikologi seperti halnya Psikolog.

    @Astrid + @Kisman man
    Setau saya, bagi yang S1.nya bukan Psikologi pun, S2.nya boleh masuk Magister Psikologi Sains (bukan Magister Profesi), hanya nanti bagi yg tidak paralel Psikologi tersebut, nantinya wajib mengambil mata kulia yg terkait dasar Psikologi.

    @Vonny
    Betul seperti yg mba Astrid bilang, pd umumnya lulusan SMA, tp MA/sederajat pun bisa. Saya pun lulusan MA sekarang masuk Psikologi.
    Justru yg menjadi syarat khusus adalah jurusan yg di ambil ketika kita di SMA/sederajat, karena beberapa perguruan tinggi mengharuskan jurusan yg di ambil sebelumnya adalah IPA (seperti di Psikologi UNPAD). Setiap Perguruan Tinggi punya syarat dan ketentuan masing-masing.

    @Anonim
    Sejauh yang saya tau, bisa jadi konsultan agama (bagi yg lulusan S2)kita lulusan dari Perguruan Tinggi Islam Negeri ataupun tidak, tidak menentukan kita hanya bisa bekerja di bagian Psikologi Agamanya saja, di semua lini pekerjaan pun bisa (kata mas haris/penulis) selama disitu ada manusianya. Biasanya yang menjadi standar acuan adalah nilai IP, Akreditasi Program Studi Psikologi,dan proses seleksi/tes kerjanya itu sendiri.

    Terimakasih, salam :)

    BalasHapus
  11. kalo cuma S1 Psikologi dan ga nerusin S2 (Untuk sementara insyaallah),gmn???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga masalah...banyak kok Perusahaan yg ngebutuhin Sarjana Psikologi...

      Hapus
  12. harus s2 dulu y baru bisa mudah dpt kerja ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan....
      Harus S2 dulu supaya bisa buka Praktek...
      Kalau Lulusan S1 udah bisa kerja, dan banyak perusahaan yang ngebutuhin...

      Hapus
  13. kalau sudah tamat S1 bisa kerja apa ya?itu yg terbersit terus dihati saya,mohon penjelasan lebih lengkapnya.thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tamat S1 umumnya di Perusahaan bagian HRD/Human Resource...dan sangat dibutuhkan...

      Hapus
  14. test untuk masuk jurusan psikologi itu sulit atu engga sih kak ? dan kalu hanya sampai s1 peluang kerja bagaimana kak ? terimakasih

    BalasHapus
  15. cukup jelas infonya, terima kasih... :)

    BalasHapus
  16. kalau hanya lulusan s1 dan belum melanjutkan ke s2 bisa kerja apa? terimakasih.

    BalasHapus
  17. kalau jadi psikologi PIO, apakah itu udah jadi pekerjaan tetap ?

    BalasHapus
  18. mau nanya sayakan ambil bimbingan konseling s1, kalau nantinya saya ambil s2 psikologi , yang entah itu klinis atau perkembangan bisa tidak ya ??

    BalasHapus
  19. Kalo sarjana S1 tanpa lanjut s2 psikologi, juga punya banyak peluang kerja kok, msalnya jd staff HRD diperusahaan, ataukah tenaga pengajar di di PAUD maupun sekolah swasta yg benar2 concern terhadap perkembangan siswanya, freelance tester, n msh banyak yg laih dah

    BalasHapus
  20. Kalau S2 psikologi bisa kerja di bank apa nggak ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua Perusahaan SANGAT membutuhkan Sarjana dan Pasca Sarjana Psikologi

      Hapus
  21. malam admin :)
    saya tahun ini baru ajah masuk psikologi.
    sebenernya gak tahu kenapa bisa nyasar di jurusan itu..
    lagi nyari artikel tentang prospek kerja lulusan psikologi, dan ketemu blog ini..
    bingung juga sih, nanti Sarjana Psikologi S1 dapet kerja apa yah?
    Sedangkan untuk menjadi seorang Psikolog, harus menempuh S2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kerja di SEMUA Perusahaan...
      Sebagai HRD

      Hapus
  22. Bang, ijin mengutip yah :)
    Buat tugas Ospek di kuliah nih, disuruh mencari prospek kerja psikologi :))
    thank sebelumnya :D

    BalasHapus
  23. om, klo di SMAnya msuk jurusan IPS, bisa masuk jurusan psikologi yg om rincih gak..?
    dan bisa dapet gelar ap..?
    tlong jawab ya.. thanks

    BalasHapus
  24. saya mau tanya, kira2 bagus mana antra profesi pio atau klinis....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung passionnya apa. Kalau suka kehidupan keorganisasian,membangun sdm perusahaan, tentunya pio. Kalau mau membantu masalah orang lain, kejiwaan, dsb, bisa klinis. Tiap universitas juga berbeda bidang yang unggulnya. Misalnya di ui itu unggul pio dan pendidikan, di unpad klinis *cmiiw mohon dicek kembali

      Hapus
  25. assalamualaikum..
    om,mw nanya, klw dr psikolog klinis mw jadi konsultan tu ada ketentuan tertentu gag?

    BalasHapus
  26. Ikut nimbrung ya,,,, klo mau msk kuliah s1 psikolgi, boleh kok dr jurusan apapun jg...sy jg bisa msk dr smk,jurusan sekretaris dan itu pun tahun lulusnya udh lama bener...tp skrg alhamdulilah lg skripsi...yg penting kt bs ngikutin pelajarannya aja kok...gk ush khawatir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul.. saya juga dari jurusan yang sama. tidak ada stigma nanti yg jurusan A, jurusan B akan lebih unggul dalam perkuliahan. Semua tergantung kepada effort kita masing2, dalam menjalani perkuliahan :)

      Hapus
  27. Universitas yg menyediakan jenjang pendidikan s2 profesi psikolog itu dimana saja ya? Dan kualitasnya bagusan mana?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada di UI mas. kalo UI kan PTN papan atas, jadi kalo kualitas mah ga sembarangan pastinya. hehehe

      Hapus
  28. saya tertarik untuk masuk ke s2 psikologi. saya dari s1 non psikologi tentu mau tidak mau saya harus ambil s2 psikologi sains. setelah saya menyelesaikannya apakah saya bisa ambil profesinya? makasih

    BalasHapus
  29. Kalau cuma lulusan s1 psi piye prospek kerja k dpnx? Bwt smntra kalau sekedar jadi guru bk bsa kn?

    BalasHapus
  30. apa hanya psikologi perkembangan yg dapat berdiri sendiri ?

    BalasHapus
  31. jurusan bahasa bisa kah masuk psikolog? tolong info nya

    BalasHapus
  32. maaf, kalau ambil jurusan psikolog cuman S1 saja itu peluang kerjanya bgmn?

    BalasHapus
  33. assalamualaikum.. aku mw nanya nih gmna pendapat kawan ; mengenai misalnya aku s1x fakultas pendidikan/guru, trus mw lanjut s2x ambil psikologi, kira kira bisa ngga tuh, trus peluang kerjanya gmna yah...?

    BalasHapus
  34. maaf mau tanya, kalo utk psikologi hewan ada ngga ya ??, soalnya saya suka ngeliat prilaku hewan yang aneh, dan penuh misteri, mungkin harus ada ilmu prilaku hewan, atau psikologi perkembangan untuk hewan ?? mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Psikologi itu sendiri merupakan ilmu mengenai perilaku manusia. Jadi yang dipelajari tentu hanya manusia karena berbeda dengan hewan, manusia menggunakan logika utk berperilaku, tidak dengan insting. Mempelajari perilaku hewan (atau yang org biasa bilang, psikologi hewan) bisa dilihat dari pattern behavior, sedangkan mempelahari perilaku manusia tidak sesimpel itu. Jika tertarik hewan mungkin bisa ke zoologi atau dokter hewan? Maaf saya kurang tau yang berhubungan dengan hewan

      Hapus
    2. Ada kok yang namanya Psikologi Hewan. Tapi maaf, untuk di Indonesia saya kurang tahu ada di Universitas mana.

      Hapus
  35. ga ada satupun universitas di indonesia yang menyellenggarakan Magister Psikologi Profesi yang terakreditasi...membuat saya ga bisa mendapatkan pembiayaan dari PEMDA....karna syaratnya akreditasi program studi harus B.....sakittttnya itu disinik....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penerapan wajib akreditasi untuk Pendidikan Profesi kayaknya belum lama, sehingga akreditasi Pendidikan Profesi Psikologi pun juga belum lama. Untuk saat ini sih sudah banyak yang sudah terakreditasi baik S1, S2, S3, dan Pendidikan Profesi Psikologinya, termasuk akreditasi institusi/kampus.

      Hapus
  36. Kalo di SMA nya jurusan IPS,bisanya masuk fakultas psikologi di PTN mana aja kak? Saya masih bingung,tadinya nanti recana kuliah di Unpad tahun dpn tp oas tau di Unoad itu psikologi jurusan IPA,saya jadi down dan bingung kuliah dimana. Info kak PTN apa aja yg fakultas Psikologi jurusan IPS selain UI,Unbraw,UGM. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jwb kak
      Yg ditanya PTN yg menerima psikolog dr ips selain yg disebut mba barusan ya
      Ada Undip kok

      Hapus
    2. UGM bisa terima anak Sos, tp kalo di Unpad, harus anak IPA.

      Hapus
    3. UGM bisa terima anak Sos, tp kalo di Unpad, harus anak IPA.

      Hapus
  37. bedakah propek kerja s1 psikologi islam dan s1 psikologi ?

    BalasHapus
  38. Kalo PTSnya utk jurusan psikologi yg bagus itu dimana yaa? Saya di PTN ambil UPI ,buat cadangan klo gak lolos SNMPTN

    BalasHapus
  39. afwan
    apakah harus bisa bahasa inggris toh kalo prodinya psikolog ya kak??
    mohon bantuannya
    trims

    BalasHapus
  40. assalamualaikum kakak, aku minat nih masuk psikologi. setelah lama terluntang-lanting/? nggak jelas mau mengarah kemana hidup ini *eaa* aku mulai lirik2 psikologi kan, sexara garis besar ya aku suka. apalagi postingan kakak mah bermutu banget >< oh iya kak, sebenarnya psikiter sama psikolog itu beda ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Psikolog berasal dari anak psikologi (s1 psikologi s2 profesi psikologi) klo psikoater dari kedokteran.

      Hapus
  41. haloo, bisa kah kalau S1 pendiidkan trus lanjut S2 psikolog?

    BalasHapus
  42. Kalo dari lulusan smk bisa nggak yah masuk jurusan psikologi???

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga lulusan smk, masuk psikologi dan alhamdulillaah.. tidak ada kendala yg berarti dalam proses perkuliahan ;)

      Hapus
    2. ingat jargon kita. SMK BISA!
      Saya lulusan SMK Teknik Komputer Jaringan dan sekarang saya mahasiswa semester 6 S1 Psikologi Universitas Brawijaya.
      Jangan down sama syarat SNMPTN di beberapa universitas yang katanya harus sesuai jurusan di SMA (misal kalo psikologi ya IPS, ada yg IPA juga sih). Banyak jalan bro!
      Saya masuk UB jalur SBMPTN. Temen saya di Psikologi UB juga banyak yang ternyata lulusan SMK. :)

      Hapus
  43. Saya mahasiswa semester 4, Psikologi Universitas Brawijaya.
    yg mau tanya2 buat yg minat psikologi, boleh hubungi ke Line : dhoktawirawan atau BBM : 7460BCF4
    083842057969

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw, sekarang sudah semester 6. Psikologi Universitas Brawijaya.
      Kebetulan di UB, hingga angkatan 2014 diberlakukan sistem peminatan untuk S1 pada semester 5 dan 6. Peminatan berbeda dengan konsentrasi, peminatan di UB hanya terdiri dari 3 mata kuliah saja (mungkin di S1 univ lain menggunakan sistem mata kuliah pilihan bebas) karena memang pada dasarnya S1 masih umum atau menyeluruh.
      Saat ini saya mengambil peminatan Psikologi Perkembangan.
      Bagi yang ingin menghubungi saya untuk sekedar bertanya atau sharing, dengan senang hati akan saya balas.
      Line : dhoktawirawan
      BBM : 59A98635
      WA : 082134955489
      SMS : 083842057969

      Salam Psikologi!

      Hapus
  44. Happy Download!! ^^ Blogwalking.. Salam Kena Ganl! :))


    Mampir Yak!! http://psychoislam.blogspot.com/


    Download Home | Nasyid | Ebook | Film/Video | Journal | Islam | Psikologi

    BalasHapus
  45. Saya S1 Pendidikan, S2 Psikologi Sains. Apakah saya boleh mengulang S1 Psikologi saya lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum saya mau tanya mas dede,kenapa mau mengulang S1 psikologi stlh sdh menempuh S2 psikologi ? Apakah ada mslh atau gmn yah..
      Soalnya saya S1 pendidikan,rencana mau lanjut S2 psikolog.. Lagi nyari info.

      Hapus
    2. Sah sah saja mengambil S2 psikologi. tapi lulusan S1 non psikologi tidak dapat mengambil S2 Magister Profesi Psikologi (M.Psi.) alias tidak bisa jadi psikolog/buka praktek psikolog. Yang bisa menerima S1 non psikologi adalah S2 Sains Psikologi dan S2 Psikologi Terapan.

      Hapus
  46. 1. Jadi, seorang yang sudah lulus S2 Psikologi secara otomatis adalah seorang Psikolog, tapi beliau tidak boleh Praktek kecuali sudah ada izin dari HIMPSI...begitu?

    2. Kalau Kedokteran sudah ada Undang2nya di Indonesia, di tambah ada IDI juga...
    Kalau Psikologi di Indonesia belum ada Undang2nya...hanya ada HIMPSI...
    Apakah HIMPSI dapat memproses pelanggaran Kode Etik secara Hukum?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam. Bantu jawab ya..
      Saya mahasiswa s2 magister profesi psikologi.
      1. Seorang psikolog adalah mereka yang telah menempuh s2 magister profesi dan akan disebut sebagai praktisi, s2 magister sains nantinya akan jadi ilmuwan psikologi dan bukan praktisi.
      2. Ya, kami memang punya HIMPSI sebagai induk dari psikologi, jika terjadi pelanggaran, bisa diadukan ke HIMPSI biar nanti pihak mereka yg memproses, entah nanti diselesaikan dengan musyawarah atau mungkin diproses secara hukum.

      Hapus
  47. Kalo dari Aliyah jurusan agama bisa masuk fakultas psikologi gak? Saya ingin jadi psikolog

    BalasHapus
  48. kalau mau ambil perkembangan PKLnya bisa dimana aja? apakah di sekolah juga bisa?

    BalasHapus
  49. Kalau S1 nya bukan psikologi. Tapi S2 nya psikologi pendidikan itu nanti jenjang karir nya bagaimana? Mohon balasannya dan pencerahannya. Terimakasih

    BalasHapus
  50. mau tanya nih kak, kalau mau jadi psikolog apa kita harus cerdas atau punya IQ tinggi ?

    BalasHapus
  51. mau tanya nih kak, kalau mau jadi psikolog apa kita harus cerdas atau punya IQ tinggi ?

    BalasHapus
  52. Sya s1 non psikologi, tetapi ingin sekali masuk s2 psikologi klinis, krn sya ingin buka praktek..

    Mohon bantuannya bagi yg punya informasi universitas yg menerima s1 non psikologi utk s2 psikologi klinis? Atau ada yg memberikan solusi utk persoalan sya ini?

    Karena setau saya utk lulusan s1 non psikologi hanya bisa masuk ke s2 psikologi sains, tdk bs masuk utk s2 psikologi klinis(psikologi profesi)

    Gak kebayang jg kl sya harus kuliah s1 psikologi dl..sdngkan usia uda diatas 30...hikss..

    BalasHapus
  53. Ane mahasiswa Psikologi Universitas Islam negri Ar raniry Banda Aceh. Salam semuanya.
    Jadi min kalau kalau mau ambil s2 luar ga ada yang jadi Psikolog ya. Atau hanya amerika saja yang membauat aturan itu. Saya berkeinginan jadi psikologi klinis lulusan luar.

    BalasHapus
  54. maaf kak mau tanya, td dikatakan kalo yg s2 ny ambil psikologi sains, nantinya berujung pada ilmuwan psikologi, nah skiranya kerja slain menjadi dosen apa ya?

    BalasHapus
  55. maaf kak mau tanya, td dikatakan kalo yg s2 ny ambil psikologi sains, nantinya berujung pada ilmuwan psikologi, nah skiranya kerja slain menjadi dosen apa ya?

    BalasHapus
  56. Psikologi perkembangan bisa kerja di rumahsakit juga?

    BalasHapus
  57. kalau s1 nya ngambil psikolog klinis trus s2 nya ngambil psikolog pio bisa ngaa min?

    *tolong bantu jawab dong

    BalasHapus
  58. s1 aku fisioterapi tapi s2 mau ambil psikologi perkembangan,kalo psikologi perkembangan dapatkah kerja dirumah sakit?

    BalasHapus

Bagaimana pendapat Anda terkait tulisan di atas? Silakan tinggalkan komentar Anda di sini