Ris, PKM-mu,,,,

“Oke. Cukup. Kamu bukan orang pertama yang bertanya seperti itu kepadaku, Kawan..oke..”

Demikian kataku dalam hati ketika kawan-kawanku banyak yang bertanya,
”Ris, kamu ikut PKM?,”
“Ris, kamu buat PKM berapa?”,
 “Ris, Judul PKM kamu apa?”
“Ris, Anggota PKM-mu siapa aja?”
dan seterusnya.

Baiklah, mungkin aku harus sedikit terbuka kepadamu, Kawan.
Kawan, sengaja tahun ini aku tidak ikut dalam kompetisi PKM. Kenapa? Secara konsep sebenarnya aku sudah punya. Tapi, konsep itu aku pendam dulu. Aku punya orientasi lain di tahun ini, kawan. Apa itu? Maaf, tidak bisa aku kasih tahu kepadamu saa ini, Kawan. Nanti suatu saat akan ku kabari dirimu, bahkan bila perlu, hingga sampai ke belahan dunia.

Sebelumnya, terima kasih kawan, telah menanyaiku seperti itu. Pertanyaan-pertanyaan kalian secara tidak sadar telah mencambuk diriku untuk terus menulis dan menulis. Walaupun, akhir-akhri ini kalian tahu sendiri aku jarang menulis. Bukan karena apa. Aku juga tak mau menuliskan alasan-alasan yang—mungkin—tak penting itu di sini dan menjelaskannya kepadamu.

Kawan. Jujur, aku salut pada kalian, terutama seseorang yang aku tahu, dia memang lihai dalam hal ide dan tulis menulis. Siapa? (nanti kamu juga tahu sendiri, kawan). Teruskan semangat kalian kawan! bakar terus semangat itu hingga kalian nanti lulus kuliah. Masih banyak kompetisi-kompetisi yang membutuhkan kontribusi darimu dan kita bersama. Oke! Sampai ketemu (atau bergabung) lagi di kompetisi-kompetisi berikutnya. Salam kreatif!*** [Nur Haris Ali 31/10] 


*PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) -- semacam kompetisi karya tulis yang diselenggarakan oleh DIKTI (http://dp2m.dikti.go.id/). Kurang jelas tentang PKM? Silakan baca link berikut: (http://www.pnj.ac.id/warta/index.php?id=200&topik=antar_kita)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana pendapat Anda terkait tulisan di atas? Silakan tinggalkan komentar Anda di sini